Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Partisipasi Mahasiswa Manajemen USN Kolaka Terhadap Program Permata Kampus Merdeka 2021

Senin, 12 Juli 2021 | Juli 12, 2021 WIB Last Updated 2021-07-13T05:54:24Z


Penulis : Arham (Mahasiswa Manajemen USN Kolaka)


Kolaka, 11 Juli 2021 mahasiswa program studi Manajemen Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka turut berpartisipasi dalam program pertukaran mahasiswa tanah air nusantara (PERMATA) kampus Merdeka 2021 pada semester genap yang diadakan oleh kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Kemendikbudristek).


Program Permata kampus merdeka 2021 adalah program pertukaran mahasiswa tanah air nusantara yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa sesuai dengan kompetensi dibidangnya melalui pengambilan mata kuliah diperguruan tinggi negeri (PTN) yang telah menjalin kerjasama sebelumnya. Meskipun proses perkuliahannya dilakukan secara daring/online sebagai dampak dari pandemic covid-19 tetapi sudah ada 42 PTN yang siap menyelenggarakan program permata ini salah satunya kampus USN Kolaka.


Menurut Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim dalam keterangannya mempercayai bahwa dengan program permata kampus merdeka mahasiswa akan mendapat banyak pengalaman dan pelajaran tentang keragaman budaya yang ada diIndonesia dan menumbuhkan sikap toleransi antar individu.Dari pertemuan dan perkenalan tersebut, kalian akan bersama-sama belajar mengharga perbedaan, dan merayakan keberagaman. Dan semua itu kalian lakukan sambil mengikuti perkuliahan tutur mendikbudristek yang disampaikan secara virtual di Jakarta, Sabtu (12/6).


Dengan program permata kampus merdeka ini seluruh mahasiswa mendapat kesempatan yang sama untuk belajar dikampus ternama yang ada diIndonesia. Melihat kesempatan tersebut, sebanyak 10 mahasiswa program studi manajemen USN Kolaka juga turut berpartisipasi dalam program permata merdeka 2021. Diantaranya: Akbar, Arham, Muh.Zakaria, Joshua Febri Satria, Irnawati Dewi, Kiki Sakina, Herlina, Muallama, Nadia Marsela, dan Mirna Yanti A. Semua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa semester 6 dan rata-rata mata kuliah yang mereka ambil diprogram permata kampus merdeka yaitu mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis (Universitas Tadulako (UNTAD), Sulawesi Tengah) dan Manajemen Inovasi dan Kreativitas (Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kalimantan Selatan).


Salah satu mahasiswa manajemen USN Kolaka yang juga peserta program permata kampus merdeka yakni Muh.Zakaria mengungkapkan bahwa program pertukaran mahasiswa merupakan salah satu program yang baik yang menjadi rancangan kementerian pendidikan saat ini. karena dengan adanya pertukaran mahasiswa ini setiap mahasiswa akan merasakan bagaimana perkuliahan di kampus-kampus yang lain yang berada di indonesia. Terangnya.


Dan tidak hanya itu, “pertukaran mahasiswa ini akan menambah wawasan serta teman baru yang berada di kampus lain yang tentunya akan menambah relasi serta bertukar pengalaman kepada teman teman yang lain. Namun dikarenakan program permata ini di laksanakan secara online, sehingga masih sangat kurang berinteraksi dengan teman teman serta dosen yang melakukan pembelajaran. Meskipun seperti itu, program ini menjadi kesan yang mendalam saya rasakan dan banyak mendapat pengalaman yang tidak di dapatkan di tempat lain.”Tutupnya.

×
Berita Terbaru Update