Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Potret Remaja Saat Ini Yang Lebih Mementingkan Hp Ketimbang Baca Buku

Kamis, 15 Juli 2021 | Juli 15, 2021 WIB Last Updated 2021-07-15T14:01:14Z


Penulis : Wahyu Septiawan (Jurusan Manajemen USN Kolaka)


Potret remaja saat ini yang lebih mementingkan Hp dari pada membaca buku. Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa yang berjalan antara umur 12-21 tahun. Secara lebih luas lagi remaja merupakan masa tumbuh dewasa yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik. Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua, menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.


Di era globalisasi ini, karakter positif yang terdapat pada remaja sekarang mulai memudar, terutama di pengaruhi oleh faktor perkembangan teknologi.


Perkembangan teknologi informasi sekarang ini semakin pesat, berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana. Salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah handphone. Penggunaan telepon genggam (Handphone) semakin marak dikalangan masyarakat mulai dari kalangan birokrat, pengusaha, ibu-ibu, mahasiswa, pelajar, sopir taksi, tukang ojek, sampai penjual sayur. Ini pertanda bahwa pemakaian telepon seluler tidak lagi dimaksudkan sebagai symbol prestise, melainkan lebih banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, organisasi, dan urusan keluarga.


Handphone saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia dari kalangan bawah, menengah maupun atas sudah menggunakan handphone apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Dalam perkembangan dunia informasi yang semakin pesat sangat tidak memungkinkan bagi masyarakat bisa terlepas dari teknologi di kehidupannyaHP merupakan teknologi yang paling banyak di minati di zaman sekrang ini, hp dapat membantu manusia untuk untuk mengetahui segala hal dengan sekejap di bandingkan dengan membaca buku yang kelihatannya kuno dan dibatasi pengetahuan yang terdapat di dalamnya sesuai dengan judul buku tersebut, banyak buku yang saat ini tak lagi terbaca dan telah kalah dari kecanggihan teknologi.


Di era globalisasi ini, karakter positif yang terdapat pada remaja sekarang mulai memudar, terutama di pengaruhi oleh faktor perkembangan teknologi. HP merupakan teknologi yang paling banyak di minati di zaman sekrang ini, hp dapat membantu manusia untuk untuk mengetahui segala hal dengan sekejap di bandingkan dengan membaca buku yang kelihatannya kuno dan dibatasi pengetahuan yang terdapat di dalamnya sesuai dengan judul buku tersebut, banyak buku yang saat ini tak lagi terbaca dan telah kalah dari kecanggihan teknologi.


Padahal melihat sisi negatif dari penggunaannya, saat menambah wawasan melalui membaca hp, kadang terganggu dengan notifikasi atau pesan yang masuk dan terkadang lebih besar keinginan untuk bermain game ketimbang membaca, padahal menambah wawasan melalui membaca buku justru kita bisa lebih fokus dan dapat menyerap ilmu pengetahuan yang terdapat di buku tersebut secara jelas dan tenang tanpa adanya gangguan dari notifikasi, pesan maupun keinginan bermain game.

×
Berita Terbaru Update