Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Strategi Pemasaran UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 11 Juli 2021 | Juli 11, 2021 WIB Last Updated 2021-07-12T03:52:31Z


Penulis : Akbar ( Mahasiswa Manajemen USN Kolaka )

Pandemi covid-19 terjadi di seluruh dunia. Bahkan indonesia merupakan salah satu negara yang sangat terkena dampak dari covid-19. Dari data resmi yang di lansir dari https://covid19.go.id 11 juli 2021,  jumlah kasus covid-19 di indonesia yang terkonfirmasi sebanyak 2,49 juta.


Untuk menghindari persebaran virus covid-19 pemerintah indonesia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. Tentu ini sangat berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat di indonesia contohnya saja, yang di rasakan  oleh pelaku usaha mikro kecil menenggah ( UMKM)


UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki seseorang maupun badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro, tetapi dengan adanya wabah virus corona di indonosia menjadi permasalahan. Wabah virus corona semakin hari semakin tinggi angka penyebaranya akhirnya mengganggu proses pemasaran hinga pada titik yang tergolong signifikan.


Pada kondisi covid-19 pelaku UMKM di tuntut untuk mampu memutar otak agar bisa memastikan usaha yang di jalani mampu bertahan di tenggah pandemi ini. Olehnya itu pelaku umkm harus bisa mengoptimalkan pemasaran digital/penjualan online sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Pelaku usaha bisa mempromosikan kualitas produknya melalui media digital. Keunggulan pemasaran digital/ online di indonesia di antaranya memiliki jangkauan yang luas hampir setiap orang di seluruh indonesia menggunakan teknologi internet dalam melakukan aktivitas keseharianya. Dengan kita memasarkan produk secara online berati menjangkau konsumen secara luas hanya dengan sekali promosi saja.selain memilki jangkauan yang luas pemasaran digital/online juga mudah di akses kalangan manapun tampa terkecuali.



    




×
Berita Terbaru Update