Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keragaman Dalam Perusahaan Atau Organisasi

Jumat, 10 September 2021 | September 10, 2021 WIB Last Updated 2021-09-10T07:18:34Z


Nama : Harmina

Nim : 191911250

Kelas : A Manajemen 019

perusahaan (organisasi) ialah kumpulan sejumlah orang yang memiliki kesamaan tujuan. Dalam perusahaan, kita sering menemukan keragaman antar anggotanya. Keragaman adalah dimana individu satu dengan individu yang lain mempunyai karakteristik yang berbeda- beda dalam hal usia, jenis kelamin, suku, etnis, ras dan kemampuan fisik. 


Perbedaan dalam perusahaan atau organisasi sudah pasti ada karena kita manusia diciptakan unik dan berbeda-beda tetapi memiliki tujuan yang sama. Tujuan inilah yang menjadi pemersatu diantara mereka yang berbeda. Dengan semangat kebersamaan maka keberagaman yang ada dapat menjadi sumber kekuatan bagi perusahaan untuk mewujudkan tujuannya. Sudah jelas sekali bahwa kalau kergamanan yang ada dalam perusahaan adalah hal yang mutlak. Karyawan dengan berbagai latar belakang yang berbeda berkumpul dalam satu wadah lingkungan kerja sebagai roda penggerak perusahaan. 


Namun, tak jarang keragamaan ini memicu permasalahan. hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan jika mempekerjakan karyawan dengan berbagai latar belakang yang berbeda menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan.Keragaman dalam perusahaan (organisasi) merupakan suatu hal yang menurut saya penting. Karena seringkali kita jumpai bahwa perusahaan hanya mempekerjakan karyawan yang menurutnya mampu memenuhi dan produktivitas dan operasi saja. 


Namun tanpa sadar kita tidak mengetahui bahwa keberagaman juga suatu hal yang penting, keberagaman dalam perusahaan akan menimbulkan terbentuknya ide-ide yang sangat cemerlang dimana muncul dari hasil pemikiran panjang karyawan yang memiliki latar belakang yang berbeda. Keberagaman juga mendorong terbentuknya inovasi baru karena dengan beragamnya pendapat semakin banyak pula kemungkinan jalan keluar dari masalah yang ada. Jadi sebenarnya, keragaman dapat menjadi komponen penting dari kesuksesan dari sebuah perusahaan.


Banyak perusahaan yang terbukti berkembang dalam menerapkan pengelolaan yang baik terhadap kerjasama para karyawan dengan latar belakang yang berbeda. Dalam sebuah kelompok atau tim pekerjaan yang susah akan menjadi lebih ringan dan cepat terselesaikan dengan jangka waktu yang cepat pula karena dikerjakan dengan masing-masing anggota dengan kemampuan yang berbeda- beda pula. Adapun manfaat bagi diri pribadi dapat melatih fleksibilitas, sedangkan manfaatnya untuk tim meningkatkan rasa solidaritas dan membentuk kerjasama dengan anggota tim yang berbeda melalui bertukar fikiran atau informasi sehingga memacu tim untuk lebih kreatif dan inovatif lagi. 


Agar kerjasama dalam sebuah tim dapat berjalan dengan lancer dan mulus dan berjalan dengan baik maka perlu kita tanamkan totalitas, kekompakan, kepercayaan, serta sikap saling mengerti dan sikap saling memahami antara individu satu dengan individu lainnya. 


Sebuah tim atau kelompok dapat dikatakan baik dan kuat jika terjadi persamaan visi dan misi. Saling memberi perhatian antara satu sama lain, saling mengerti satu sama lain, dan dapat bekerja sama dalam keragaman, dan yang paling penting mempunyai komitmen tinggi dari setiap anggota terhadap perusahaan sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja tim sehingga dapat mewujudkan tujuan perusahaan.


Keberagaman dalam perusahaan dapat memberikan beberapa keuntungan .dari adanya 

tenaga kerja yang beragam :

1. Menciptakan inovasi

Bekerja dengan orang yang memiliki latar belakang, pengalaman kerja yang berbeda dapat mendorong terciptanya berbagai macam pendapat, ide, umpan balik.

2. Meningkatkan interaksi

Adanya perbedaan antar sesame karyawan bukan berarti kita tidak dapat bergaul satu sama lain, justru akan banyak interaksi antar karyawan karena mereka dapat mempelajari kultur dan latar belakang antar individu, sehingga dapat mempererat hubungan sesama karyawan.

3. Keterampilan yang beragam

Keterampilan yang beragam untuk satu bidang pekerja memudahkan pemerataan tenaga kerja sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.Keberagaman menjadi suatu subjek kompleks yang sangat sulit dipahami dan diterima karyawan, karena setiap individu cenderung sangat sulit untuk dapat bekerja sama dengan orang tidak sepemikiran dengan mereka atau memiliki perbedaan pendapat dan latar belakang yang berbeda. Namun, itulah hal sangat perlu di ingat bahwa keberagaman bukanlah suatu hal kelemahan namun suatu hal yang perlu kita sykuri karena dengan adanya keberagaman mampu memberikan atau menciptakan ide-ide baru sehingga dapat mencapai tujuan utama perusahaan.



Daftar Pustaka 

Aisyah sinta.2019.strategi manajemen dalam mengelola keragaman tempat kerja.yogyakarta:Aishy.ShinSoo

×
Berita Terbaru Update