Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Strategi Perusahaan Dalam Merekrut Dan Mempertahankan Karyawan Yang Berkualitas

Jumat, 10 September 2021 | September 10, 2021 WIB Last Updated 2021-09-10T07:30:29Z


Nama : ST. Nuryasmin Neysyah

Nim : 191911271

Kelas : Manajemen A 019


Setiap perusahaan membutuhkan karyawan sebagai tenaga yang menjalankan setiap aktivitas dalam perusahaan. Perusahaan menganggap karyawan merupakan asset terpenting karena memiliki pengaruh terhadap kesuksesan dan membantu perusahaan mencapai tujuan perusahaan. 


Karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga dan di gaji dengan dan memiliki hak dan kewajiban dalam perusahaan. Karyawan pasti tidak akan lepas dari kinerja, setiap perusahaan akan selalu melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan. Hal ini untuk mengukur seperti apa kualitas karyawan tersebut. 


Kinerja karyawan menentukan kinerja perusahaan. Untuk itu perlu adanya penempatan orang yang tepat pada posisi yang tepat dalam perusahaan. Oleh karena itu, perekrutan karyawan menjadi hal yang penting yang harus dilakukan agar perusahaan mendapat karyawan yang berkulitas. Beberapa cara/tips untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dalam perusahaan, yaitu menyeleksi CV, psikotes, tes bidang kerja, tes wawancara, buat surat perjanjian kerja, serta buat kompetisi untuk lebih memacu inovasi karyawan.


Di dalam perusahaan, merekrut dan memperkerjakan karyawan yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Hanya saja tidak mudah untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Ada beberapa perusahaan yang mendapatkan karyawan yang berkualitas dengan mendidik dan memberikan pelatihan kepada karyawan tersebut. Hal ini bertujuan untuk membentuk loyalitas karyawan tersebut terhadap perusahaan yang telah mengembangkan skill dan pengetahuan karyawan tersebut. 


Ada beberapa perusahaan yang justru memilih karyawan yang terlatih yaitu karyawan yang telah memiliki pengalaman selama bertahun tahun di bidang yang sama. Mereka menganggap karyawan yang seperti ini justru lebih berkualitas karena sudah memiliki jam terbang yang lebih jauh.


Ketika perusahaan sudah mendapatkan karyawan yang berkualitas, maka tugas perusahaan untuk mempertahankan karyawan tersebut karena apabila karyawan mengundurkan diri maka menjadi kerugian besar bagi perusahaan. Hal ini karena tidak hanya harus mencari karyawan baru untuk posisi tersebut tetapi juga mengundang karyawan lain untuk mengundurkan diri. 


Beberapa cara untuk mempertahankan karyawan berkualitas adalah menciptakan lingkungan kerja menyenangkan,komunikasi yang baik, kesempatan untuk berkembang dan menambah skill/pengetahuan, fasilitas kantor yang mendukung, gaji dan insentif yang sesuai.Jadi, karyawan harus dianggap asset penting perusahaan, karena karyawan merupakan penggerak segala pekerjaan dalam perusahaan mulai dari produksi hingga pendistribusian barang/jasa. 


Hal utama dalam merekrut karyawan berkualitas adalah melihat/mengamati potensi karyawan tersebut dan kemauan karyawan untuk terus mengembangkan diri dalam skill dan pengetahuan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan hal yang penting untuk mempertahankan karyawan berkualitas adalah menciptakan loyalitas dalam diri karyawan agar karyawan selalu ingin berada di perusahaan tersebut untuk bersama mencapai tujuan perusahaan dalam situasi dan kondisi apapun.



Daftar Pustaka :

Sleekr.(2015).10 tips mendapatkan karyawan berkualitas. Jakarta:Sleekr.co from : https://sleekr-co.cdn.ampproject.org/


Kanya Anindita(2021).5 cara efektif mempertahankan SDM terbaik di perusahaan. Jakarta:Hashmicro.com from : https://www-hashmicro-com.cdn.ampproject.org/

×
Berita Terbaru Update