Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hari Batik Nasional, Ramli Madjid : Karya Batik Sorume Untuk Kolaka Timur

Selasa, 12 Oktober 2021 | Oktober 12, 2021 WIB Last Updated 2021-10-12T12:04:41Z

Ket gambar : Ramli Madjid, SE.,MH (Anggota DPRD Koltim)

Koltim, (12/10/2021) Koltim-News. Com - Dalam memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 02 Oktober 2021 lalu, Kabupaten Kolaka Timur telah membuat karya Batik yaitu Batik Sorume yang dicetus oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Kolaka Timur Ramli Madjid, SE.MH.


Perlu diketahui, UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 jadi Batik itu bukan hanya milik Pulau Jawa saja, tetapi Batik adalah ciri Khas Indonesia yang perlu di lestarikan.


Ramli Madjid mengatakan, Untuk saat ini, baru tercipta 4 motif Batik yaitu Batik Sorume Motif Sorume, Batik Sorume Motif Anoa, Batik Sorume Motif Tugu, Batik Sorume Motif Kalosara.



Kata Ramli Madjid, masih banyak motif Batik yang sedang dirancang.


"Masih ada beberapa batik yang masih dirancang, dengan adanya batik ini saya berharap bisa meningkatkan kreatifitas sekaligus memotivasi masyarakat khususnya masyarakat Kolaka Timur, karena masih banyak lagi potensi-potensi yang bisa dikembangkan serta nantinya dapat meningkatkan produktifitas UMKM dan pelaku usaha sesuia dengan Visi Misi SBM Bupati Terpilih Periode 2021 – 2026", Ucapnya



Ahirnya Ramli Madjid menegaskan, Batik ini juga telah di hak ciptakan sehingga Batik Sorume ini ada di dalam Kamus Besar Batik Indonesia. Batik Sorume for Kolaka Timur, Kolaka Timur Bangkit, Kolaka Timur bisa.!



Editor : M.I.A

×
Berita Terbaru Update