Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Bupati Koltim Buka Kegiatan Ekspos Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan

Senin, 06 Desember 2021 | Desember 06, 2021 WIB Last Updated 2021-12-08T04:11:09Z

Ket gambar : sulwan aboenawas (Pj Bupati Koltim)

Koltim - Koltim - News. Com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur gelar kegiatan Ekspos Peta Ketahanan Dan Kerentanan Pangan(Food Security And Vulnerablity Atlas-Fsva) Serta Koordinasi Dan Sinkronisasi Penanganan Kerawan Pangan, Senin 6 Desember 2021.


Pj Bupati Koltim Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si dalam sambutannya mengatakan, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Dinas pangan Kabupaten Kolaka Timur dan Organisasi Perangkat Daerah yang terkait dalam penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) 2021.


"Dinas Pangan Kabupaten Kolaka Timur telah dilaporkan baik ke Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara dan ke Badan Ketahan Pangan Kementrian Pertanian Jakarta tepat waktu karena FVSA ini setiap Kabupaten wajib melaporkan paling lambat per 30 Oktober tahun berjalan", Ungkapnya.


Dan pada hari ini Lanjut Pj Bupati, Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan ( FVSA ) Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2021 dapat dijadikan salah satu acuan bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pencapaian sasaran dan memberikan informasi dalam proses pembuatan kebijakan di Bidang Ketahanan Pangan terutama dalam mendukung Visi Misi Pemerintah Daerah periode 2021/2026.


"Penyelenggaraan pangan yang menyangkut kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam penyediaan , keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan dan gizi serta keamanan pangan dengan melibatkan peran masyarakat yang terkoordinasi dan terpadu dengan baik bersama oraganisasi perangkat daerah, tentu akan memberikan solusi dalam menangani kerawanan pangan di Kabupaten Kolaka Timur", Tambahnya



Lebih lanjut Sulwan mengatakan, saya yakin walaupun Kolaka Timur sudah surplus di bidang pangan khusunya beras tetapi masih ada masyarakat kita yang belum terjangkau khususnya inftrastruktur sarana dan prasarana dalam mendukung ketersediaan pangan dan indikator lainnya yang merupakan parameter suatu daerah tahan pangan yang nanti kita akan lihat pada ekspose peta kerawanan dan kerentanan pangan ini.


"Sebagai kepedulian saya terhadap adanya daerah yang rentan terhadap kerawanan pangan di Kabupaten Kolaka Timur, maka setelah saya dilantik menjadi PJ saya langsung menyampaikan kepada TPAD untuk menambahkan dana ketersediaan pangan untuk menjadi Dana Cadangan Pangan Pemerintah Daerah yang tujuannya bila ada kelangkaan pangan mungkin karena ada bencana atau kenaikan harga maka CPPD inilah yang langsung dimanfaatkan setelah ada instruksi Bupati, jadi prosesnya cepat dan administrasi tidak panjang seperti yang ada pada Dinas Sosial yaitu Dana Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Harus bermohon ke pusat kemudian bisa di fungsikan", Jelasnya



Sulwan Aboenawas berharap, semoga kegiatan ini dapat diikuti dengan baik sehingga apa yang nanti di rekomendasikan dalam ekspose peta ketahan dan kerentanan pangan ini yang di rangkaikan dengan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan baik di eksekutif maupun dengan legistlatif dapat dijadikan rujukan dalam menangani ketahanan dan kerentanan pangan serta kerawanan pangan di Kabupaten Kolaka Timur. 


Editor : M.I.A

×
Berita Terbaru Update