Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

FKMT Mengajak Seluruh Elemen Pemuda Dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal di Bumi Mekongga

Kamis, 06 Januari 2022 | Januari 06, 2022 WIB Last Updated 2022-01-07T04:59:43Z

Ketgam : Ketum FKMT

Oleh : Bhakti ekhy Permadi

Jabatan : Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Tolaki (FKMT)


Koltim - News. Com - Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam etnis ,suku ,budaya dan adat istiadat yg berbeda .Suku ,budaya dan etnis maupun adat istiadat tersbut memiliki corak yg unik ,dan hanya di miliki oleh suku yg bersangkutan dan tidak di miliki oleh suku lain .Demikian keberagaman suku ini menjadikan ke unggulan dan keunikan tersendiri bagi bangsa Indonesia  . Termasuk suku tolaki yg telah lama mendiamin dataranan  Sulawesi  tenggara suku ini menyebar di karajaan Besar yaitu kerajaan Mekongga dan kerajaan Konawe.


Namun jika melihat kondisi generasi muda  bangsa saat ini sangat miris karena mulai menurunnya rasa kecintaan dan keinginan untuk memajukan serta melestarikan seni dan budaya daerah sebagai warisan leluhur di  khusus  di 3  wilaya kerajaan Mekongga Kolaka ,Koltim dan kolut .


Akibatnya, mereka kurang mengenal budaya daerah sendiri ,apalagi bisa ikut mempelajari dan  melestarikannya. Lalu, bagaimana seharusnya para generasi muda dalam menjalankan perannya untuk berupaya mempertahankan  budaya dan kearifan lokal  tersebut ?


Untuk itu menurut saya  peran pemuda hari  sangat penting, dalam upaya pelestarian dan pengembangan  budaya - budaya lokal baik dalam buku lukisan tari tarian dan karya - karya lain .Terlebih khusnya di 3 Wilayah kekuasaan kerajaan Mekongga sperti Kolaka ,Kolut , dan Koltim. Sebagai seorang pemuda yg lahir  dan tumbuh besar di dataran Mekongga tugas kita semua untuk terus berupaya menjaga dan melestarikan budaya - budaya para pendahulu sebagai salah satu sentrum laboratorium pengetahuan untuk para penerus. Agar indentitas kebudayaan tdk punah di makan zaman  dengan melihat kurang nya peran pemuda dan ketertarikan  untuk trus melestraikan kebudayaan dan kearifan lokal yg ada di wilaya kerajaan Mekongga di era di  globalisasi dan era rovolusi industri 4.0 ini.


Seharusnya, antara pemuda dan pemerintah hari ini  berupaya lebih masif  aktif lagi dalam  berkolaborasi untuk bersama -sama terus  melestarikan kearifan lokal yg ada di 3 wilayah kerajaan Mekongga dengan melihat kondisi sekarang yg  mulai agak  hampir punah budaya - budaya lokal tersebut , terkusus "Dialek Kedaerahan ". dalam hal ini bahasa daerah tolaki Mekongga sebagai ciri  khas dan  indentitas masyarakat tolaki Mekongga.


Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa, calon pemimpin masa depan, oleh karena itu di pundak generasi muda lah nasib suatu bangsa dipertaruhkan. Suatu bangsa apabila generasi mudanya memiliki kualitas yang unggul dan semangat kuat untuk memajukan budaya daerah yang didasari dengan keimanan dan akhlak mulia, maka bangsa itu akan besar. Ayo anak muda jangan lupa budaya mu  kobarkanlah semangat dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia khus nya budaya tolaki Mekongga.

×
Berita Terbaru Update