Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pertemuan Teknis Penyuluh dan Petani, Bupati Koltim Serahkan Puluhan Alsintan

Minggu, 03 September 2023 | September 03, 2023 WIB Last Updated 2023-09-22T02:21:24Z

Penyerahan Puluhan Alsintan kepada Petani di Kabupaten Kolaka Timur. Foto (Istimewa) 

Koltim, Koltimnews.com -
Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur melaksanakan Pertemuan Teknis Penyuluh Dan Petani Tingkat Kabupaten Kolaka Timur Tahun Anggaran 2023, Kamis (31/8/23)


Kegiatan ini mengangkat Tema "Merajut Sinergitas Penyuluh Dan Petani Dalam Mewujudkan Pertanian Yang Maju, Mandiri Dan Berkelanjutan Serta Mendukung Gerakan Membangun Dan Melayani Masyarakat (GEMAS)".


Bupati mengatakan bahwa Pertemuan teknis penyuluh pertanian merupakan wahana pertemuan para penyuluh pertanian dalam mengkoordinasikan kegiatan penyuluhan yang bersinergi dengan program pembangunan pemerintah pusat dan daerah.


"Penyelenggaraan penyuluhan di daerah mengacu pada ketentuan pemerintah tentang kebijakan dan strategi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Pertemuan Teknis Penyuluh dan petani di Kabupaten Kolaka Timur diperlukan agar terjadi sinergitas dan keterpaduan untuk terlaksananya penyuluhan pertanian/perkebunan, peternakan dan perikanan di Kabupaten Kolaka Timur," Ujarnya



Dalam Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Kolaka Timur diharapkan para penyuluh lebih membuka wawasan saling berkoordinasi bertukar informasi dengan sesama penyuluh dan instansi atau stake holder terkait, kreatif dibidangnya dan berorientasi pelayanan.


Melalui kesempatan ini, Bupati sangat berharap kiranya bapak/ibu atau kelompok tani yang mendapat bantuan ini agar sekiranya dipergunakan sebaik-baiknya. Jangan hanya dinikmati oleh satu orang karena peruntukan bantuan ini diserahkan dalam bentuk kelompok. Bantuan ini betul-betul dirawat bersama kelompok taninya. Jika ada alat rusak untuk dilakukan perbaikan. Karena alat ini susut jika tidak ada kesadaran kita semua untuk merawat dan memperbaiki maka bantuan ini tidak akan terpakai lama.


Saya juga sangat mengharapkan bantuan bibit yang akan diserahkan ini agar betul-betul ditanam oleh petani. Penyuluh pertanian diharapkan terus melakukan pendampingan terhadap petani di masing-masing wilayah binaannya sehingga bibit tertanam dengan baik dan produktivitas maupun produksi dapat meningkat sehingga pendapatan petani/masyarakat akan lebih sejahtera di Kabupaten Kolaka Timur.


Kemudian bantuan pupuk cair juga untuk dimanfaatkan oleh petani. Saat ini kementerian pertanian mencanangkan pertanian pro organik. Saya berharap secara perlahan lahan mindset kita bisa dirubah yang dulunya hanya fokus ke penggunaan pupuk kimia untuk selanjutnya bisa drubah untuk beralih ke organik.



"Saya juga yakin untuk mengubah 100 persen ke organik itu sulit tapi sekiranya dapat dirubah secara perlahan-lahan. Melihat juga kondisi sekarang yang sulit sekali mendapatkan pupuk subsidi, saya rasa bantuan pupuk organik ini menjadi salah satu solusi kelangkaan pupuk tersebut. Jangan kita hanya berharap bantuan subsidi pupuk yang ditanggung oleh pemerintah, hanya maksimal 2 Ha sementara di kolaka Timur ini mayoritas petani kita mempunyai lahan lebih dari 2 Ha," Jelasnya


Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur Lasky Paemba sangat mengharapkan peran aktif penyuluh sekalian dalam mendukung program pertanian/perkebunan di Kabupaten Kolaka Timur


"Mari berupaya meningkatkan kinerjanya dilapangan terutama dalam perannya mendampingi dan membina masyarakat tani.  Saya juga mengharapkan agar para penyuluh sekalian terus mengembangkan potensi diri, kreatif, punya semangat/etos kerja dan daya kompetitif positif sehingga kedepannya Kabupaten Kolaka Timur dapat lebih banyak melahirkan para penyuluh yang unggul dan berprestasi serta memiliki nilai daya saing tanpa harus banyak menuntut apa yang daerah bisa berikan namun bagaimana kita bisa menuntut diri sendiri apa yang bisa kita berikan bagi daerah Kabupaten Kolaka Timur yang sama-sama kita cintai," Katanya


Oleh karena itu saya mengharapkan mari kita bersama-sama saling merangkul bekerja dalam Tim untuk mensukseskan visi misi pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur.


Editor : M. I. A
×
Berita Terbaru Update