Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kosara Jadi Koperasi Multi Pihak Pertama di Sultra

Kamis, 07 September 2023 | September 07, 2023 WIB Last Updated 2023-09-08T03:35:31Z

Kosara (Koperasi Sarana Adikuasa Rakyat)

Era baru perkoperasian di Sulawesi Tenggara (Sultra) makin terlihat, hal ini ditandai dengan resmi terbentuknya Koperasi Multi Pihak (KMP) pertama di Sultra yang bernama Koperasi Sarana Adikuasa Rakyat atau disingkat Kosara. 


Uniknya, Kosara diinisiasi oleh para pelaku UMKM di Kolaka Timur (Koltim) dengan maksud menciptakan peluang yang lebih besar melalui agregasi berbagai modalitas yang dimiliki oleh UMKM itu sendiri. 


Meskipun didirikan di Koltim, Kosara memiliki wilayah operasional di seluruh Sultra karena para pendiri dan anggotanya berada di lintas kabupaten/kota. 


Menurut Hasrul selaku CEO Kosara, para pelaku UMKM secara individu memiliki sumberdaya yang terbatas namun potensial, sehingga perlu entitas bisnis baru yang bisa menyatukan itu semua, dan KMP ini yang dianggap paling cocok. 


"Jadi kita pilih KMP karena sangat adaptif terhadap berbagai model bisnis terkini termasuk startup digital, dan secara kelembagaan dapat diisi oleh orang-orang profesional di bidangnya", ungkap Hasrul. 


Sejak terbitnya Permenkop UKM no 8 tahun 2021 tentang Koperasi Multi Pihak, sebagai landasan hukum pendirian KMP di Indonesia. Berdasarkan data ODS Kemenkop UKM, hingga saat berita ini diterbitkan baru sebanyak 47 KMP yang terbentuk di seluruh wilayah Indonesia, khusus di pulau Sulawesi baru ada 3 KMP yang terbentuk termasuk Kosara.

×
Berita Terbaru Update