Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bikin Bangga, Arentim Kembali Sabet Penghargaan

Rabu, 29 November 2023 | November 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-02T14:45:14Z

Penghargaan Arentim di Bank Indonesia. Foto (Istimewa) 

Kendari, Koltimnews.com -
Setelah meraih UKM Pangan Award 2023 dari Kementerian Perdagan RI, kini Arentim kembali menyabet penghargaan Bank Indonesia Awards 2023 pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 di Claro Hotel Kendari, malam ini (29/11). 


Gelaran yang diselenggarakan serentak secara nasional tersebut merupakan agenda tahunan Bank Indonesia, yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di tingkat pusat. 


Di Sultra sendiri, PTBI dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Ketua DPRD Sultra, Bupati/ Walikota termasuk Bupati Koltim yang diwakili oleh Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa. 


Total ada empat UMKM yang berhasil meraih BI Awards 2023 kali ini dengan kategori berbeda yaitu Sagumi, Ariesta dan Kamusi. Arentim sendiri dianggap sebagai UMKM yang adaptif terhadap transformasi digital sehingga dapat berdampak positif terhadap ekonomi digital di Sultra.



Owner Arentim Hasrul, S. IP mengucapkan alhamdulillah atas penghargaan yang diberikan


"Alhamdulillah ini salah satu apresiasi yang spesial bagi kami, karena kami tau bahwa kurasi yang dilakukan oleh BI sangat ketat dan objektif," Ujarnya


Kata dia, Hal ini sekalian jadi tantangan bagi dirinya untuk terus berkarya dan berinovasi


Sekretaris Daerah Koltim Andi. Muh. Iqbal Tongasa, S, STP.,M.Si memberikan apresiasi atas penghargaan yang Arentim dapatkan


"Saya atas nama Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi Arentim atas capaian penghargaan yang di terima dari BI," Katanya


Dirinya berharap agar Arentim dan UMKM Koltim lain dapat berkembang dengan pesat


"Mudah-mudahan Arentim dan dan UMKM lain  bisa berkembang maju dan mengharumkan nama Daerah Koltim," Jelasnya


PT. Natural Aren Koltim merupakan produsen produk Arenga dan turunannya berasal dari Sulawesi Tenggara, Indonesia. Saat ini kami telah hadir dengan harga butiran dan sirup gula jawa terbaik dengan harga terjangkau. Kami sering melayani perusahaan industri dan pasar ritel.



Kami berkomitmen untuk terus menjaga kualitas produk dengan memberdayakan petani lokal dan mengadopsi kemajuan teknologi terkini.


Arentim merupakan UMKM asal Kolaka Timur yang mengolah Gula Aren menjadi Arentim Cair dan bubuk. 


Gula Aren Arentim dibuat dari sari nektar murni pohon enau arenga yang tumbuh liar di Sulawesi Tenggara, Indonesia. Getahnya disadap dan dikumpulkan oleh petani perajin dengan cara memanjat pohon arenga setiap hari. Para petani gula ini menguasai seni pembuatan gula arenga yang diwariskan secara turun-temurun.


Secara tradisional digunakan sebagai pemanis masakan lokal Asia Tenggara. Juga cocok untuk pengganti pemanis pada minuman (kopi, coklat panas, teh jahe) serta dalam pembuatan kue (kue & kue)


Gula palem, menawarkan beberapa efek menguntungkan bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat gula palem:


Indeks Glikemik Rendah: Gula palem memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula putih biasa. Artinya, hal ini mempengaruhi kadar gula darah lebih lambat, membantu menjaga tingkat stabil dan menghindari lonjakan drastis.


Sumber Energi Tetap: Gula aren mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan pelepasan energi secara perlahan ke tubuh. Ini membantu menjaga tingkat energi tetap stabil dan mencegah kelelahan mendadak setelah mengonsumsi gula.


Nutrisi Tambahan: Gula palem mengandung beberapa nutrisi bermanfaat. Ini adalah sumber mineral alami seperti zat besi, kalsium, dan potasium.


Antioksidan Alami: Gula aren mengandung antioksidan alami seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan berperan penting dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit.


Alternatif Gula Alami: Gula aren diproduksi secara alami dari nira pohon palem dan lebih sedikit diproses dibandingkan gula putih biasa

×
Berita Terbaru Update