Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Musim Elnino, Kadis Perkebunan Koltim Rekomendasikan Durian Musangking

Kamis, 07 Desember 2023 | Desember 07, 2023 WIB Last Updated 2023-12-10T10:23:05Z

Kadis Perkebunan Koltim Lasky Paemba. Foto (Istimewa) 

Koltim, Koltimnews.com -
Istilah El Nino awalnya digunakan untuk menandai kondisi arus laut hangat tahunan, yang mengalir ke arah selatan di sepanjang pesisir Peru dan Ekuador saat menjelang Natal. Kondisi yang muncul berabad-abad lalu itu dinamakan El Nino de Navidad oleh para nelayan Peru, yang disamakan dengan nama Kristus yang baru lahir.


Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura Koltim Lasky Paemba, SP., M. Si merekomendasikan Tanaman Durian Musangking untuk di Tanam


Hal tersebut disampaikan pada saat memberikan bantuan Durian Musangking kepada para kelompok tadi di Desa Simbune, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Jumat (8/12/23)


Musang King adalah kultivar durian Malaysia. Dihargai karena kombinasi rasa pahit dan manisnya yang tidak biasa, Musang King adalah jenis durian paling populer di Malaysia dan Singapura, di mana durian ini dikenal dengan nama Mao Shan Wang dan memiliki harga premium dibandingkan varietas lainnya


"Iya, Durian Musangking salah satu yang baik untuk di tanam di Musim Panas begini. Walau memang Durian Musangking juga membutuhkan air," Ujarnya


Maka dari itu kata Lasky, kita harus kreatif dan berinovasi agar tanaman kita tidak mati di musim panas ini



"Coba kita buat irigasi tetes. Jadi walau musim panas, air akan terus membasahi tanaman kita," Jelasnya


Dirinya juga menjelaskan bahwa rekomendasi Kementerian Pertanian itu adalah tanaman yang sudah diuji lahan akan cuaca yang ekstrim salah satunya ya seperti tanaman semusim


"Jadi tanaman semusim sepanjang perawatannya bagus saya kira tidak ada masalah. salah satu contoh seperti padi, cabe dan lain-lain," Tambahnya


Berdasarkan Buku Bertanam Durian karya Andri Wijaya, ini dia beberapa cara menanam durian musang king secara mudah dan bisa berbuah lebat.


1. Pelatihan Pola Tanaman

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah pelatihan pola tanaman atau jarak tanam. Untuk budidaya durian berumur genjah, jarak tanam yaitu 10 m x 10 m. Sedangkan durian berumur sedang memiliki jarak tanam sekitar 12 m x 12 m.


2. Pembuatan Lubang Tanam

Jika sudah berhasil menentukan jarak tanam, maka selanjutnya kamu perlu membuat lubang tanam untuk menanam bibit durian. Siapkan lubang tanam 1 m x 1m x 1m dengan menggali lubang menjadi dua bagian.



Untuk tanah sebelah atas kumpulkan ke sisi kiri dan tanah galian sebelah bawah dikumpulkan di kanan lubang. Lalu biarkan lubang tanam hingga kering terangin-angin hingga 1 minggu lebih.


Jika sudah satu minggu lebih, tutup kembali lubang tanam dengan tanah bagian atas dimasukkan terlebih dahulu. Baru kemudian campur pupuk kompos 35kg per luang.


Dan diikuti oleh tanah bagian bawah yang telah dicampur 35 kg pupuk kandang serta 1 kg fosfat. Penutupan lubang sebaiknya dilakukan 7-15 hari sebelum pemuatan bibit.


3. Cara Penanaman

Bibit yang akan ditanam sebaiknya tumbuh 75-150 cm dengan kondisi sehat, bagus, batang kokoh serta perakaran yang banyak dan kuat. Lubang tanah yang sudah tertutup digali lagi dengan ukuran lebih kecil, ditambah dengan kehancuran tanah yang membungkus akar bibit durian.


Setelah lubang tersedia, lakukan penanaman dengan cara:


Lepas bibit dari polybag dengan hati-hati, Masukkan bibit ke dalam lubang tanam hingga batas leher, Tutup lubang dengan tanah galian dan berikan ajir pada sisi tanaman agar tegak ke atas sesuai arah ajir, Tutup pangkal bibit dengan rumput jerami kering dan siram air.


Bila perlu bangun naungan dari rumbia atau bahan lain agar tanaman tidak layu karena sinar matahari langsung.


Sekarang kamu sudah bisa mulai mempraktekkan 3 cara menanam durian musang king tersebut. Lakukan dengan baik dan benar sesuai langkah untuk hasil yang lebih maksimal dan berbuah lebat.


×
Berita Terbaru Update