Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kolaborasi Dengan Nampah, KKN USN Kolaka Wundulako Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Sabtu, 31 Agustus 2024 | Agustus 31, 2024 WIB Last Updated 2024-08-31T14:19:06Z

KKN USN Kolaka Kelurahan Wundulako. Foto (Istimewa) 

Wundulako, Koltimnews.com -
Mahasiswa KKN USN Kelurahan wundulako Bangun Kolaborasi dengan Pemerintah dan Nampah (Nabung Sampah) Kabupaten Kolaka gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah


Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah KKN USN mengangkat tema "Mewujudkan Wundulako yang bersih dan sehat menuju Wundulako Meambo" kegiatan ini berlangsung di gedung pertemuan puusara Kelurahan Wundulako Kamis 29 Agustus 2024 yang turut dihadiri pemerintah Kelurahan Wundulako dan tokoh-tokoh masyarakat.


Adapun pemateri yang didatangkan adalah langsung dari CEO Nampah Kolaka atau Nabung Sampah yang fokus bergerak di pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Kolaka. Dalam kegiatan ini KKN Reguler USN Kolaka bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Wundulako dan Nabung Sampah Kabupaten Kolaka.


Lurah Wundulako mengatakan bahwa engelolaan sampah seperti ini sudah lama saya pikirkan namun pelaksanaan yang sangat susah. Tetapi saya sangat bersyukur karena kedatangan anak KKN USN ini sangat membantu dalam hal pengelolaan sampah ini


Pada saat dikonfirmasi koordinator Kelurahan  Wundulako Saswito mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan usulan langsung dari ibu lurah karena beliau sangat resah terhadap sampah yang ada di Kelurahan Wundulako


"Dan setelah kami pertama kali sampai di sini memang sampah menjadi permasalahan utama yang ada di Kelurahan Wundulako,  jadi dengan kami melaksanakan kegiatan ini kami berharap warga semakin sadar tentang bahayanya sampah untuk masa depan" ungkapnya.


Pemateri Haerulla S.Kom mengatakan bahwa sampah susah untuk dihilangkan tetapi dengan kesadaran masyarakat kita dapat mengurangi sampah yang ada dengan cara memisahkan sampah organik dan anorganik. Seperti yang kita ketahui bersama sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk kompos sebagai pupuk alami untuk tanaman yang ada di sekitar rumah sedangkan sampah anorganik dapat dikelola menjadi alat-alat yang bermanfaat".


"Jika masyarakat tidak mampu untuk mengelola sampah anorganik tersebut pihak kami siap untuk mengambil dan mengelolanya tapi dengan kerjasama yang baik antara Kelurahan dengan membentuk BSU (Bank Sampah Unit) yang akan mengumpulkan sampah tersebut yang ditukarkan dengan bahan sembako lain setelah itu pihak Nampah Kolaka menjemput ditempat yang disepakati".


Penulis: Saswito.

×
Berita Terbaru Update